RSS

Study Kasus Implementasi Arsitektur Three Tier Pada Pelayanan Jasa Kalibrasi (Studi Kasus di P2KIM LIPI)

    Bila berbicara tentang teknologi rasanya tidak akan ada habisnya. Karena setiap harinya teknologi selalu berkembang dan berkembang dengan tujuan mampu membantu kerja manusia. Salah satunya adalah aplikasi yang berbasis “Three Tier”. Three Tier merupakan inovasi dari arsitektur “Client Server”. Di mana pada arsitektur Three Tier ini terdapat Application Server yang berdiri diantara Client dan Database Server.
   Pusat Penelitian Kalibrasi Instrumentasi dan Metrologi yang berada di lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memiliki banyak laboratorium-laboratorium yang digunakan sebagai sarana penelitian, selain itu laboratorium-laboratorium tersebut juga seringkali digunakan untuk melayani jasa kalibrasi bagi instansi / perusahaan yang memerlukannya. Sistem sekarang dilakukan secara konvensional, pengguna jasa akan datang dengan membawa peralatan yang akan dikalibrasi dan melakukan negosiasi dan korfirmasi, dan bila memungkinkan maka peralatan tersebut dapat di kalibrasi. Adakalanya pengguna jasa datang dari jauh ternyata alat tersebut tidak bisa diterima, dikarenakan tidak adanya peralatan yang memiliki fungsi untuk itu Untuk selanjutnya pengguna menunggu hasilnya, atau dengan cara melakukan komunikasi telepon untuk mengetahui sampai sejauh mana pelaksanaan kalibrasinya tersebut.. Tetapi saat menelepon, bias saja tidak ada petugas yang mengangkat telepon tersebut.

Dampak Positif:
  1. Meningkatkan keamanan data
  2. Fleksibilitas update data
  3. Mempermudah pengguna jasa dalam mencari informasi yang ada

Dampak Negatif:

  1. Pelayanan yang dilakukan masih secara konvesional meskipun banyak pengguna jasa tersebut yang bertempat tinggal jauh dari laboratorium.
  2. Terkadang hal ini menyebabkan pengguna jasa tidak bisa melakukan kalibrasi karena tidak memeliki peralatan yang sesuai.
  3. Diperlukan pula informasi yang tepat  mengenai peralatan dan fasilitas yang dimiliki laboratorium tersebut agar pengguna bisa mempertimbangkan pelaksanaan jasa pada laboratorium yang dimaksud


Sumber:
http://listhi.wordpress.com/2012/09/09/contoh-penggunaan-arsitektur-three-tier/
http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/1330
http://putuprasta.blogspot.com/2009/12/telematika.html

0 komentar:

Posting Komentar