UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI
Nama &
NPM : 1.Fitri Yani (12110842)
2. Nonik
(15110023)
3. Siti
Nurfana Sabatian (16110606)
Fakultas : Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Jurusan : Sistem Informasi
Kelas : 4KA11
Depok
2013
ABSTRAKSI
Nonik
(15110023), Siti Nurfana (16110606), Fitri Yani (12110842)
PERAN
KOLABORASI ANTARMUKA OTOMOTIF MULTIMEDIA PADA MOBIL Tugas Pengantar
Telematika. Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi
Informasi, Universitas Gunadarma, 2013
Kata
Kunci: Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia, Mobil
Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk lebih memahami
peran kolaborasi antarmuka otomotif multimedia pada mobil, serta Meningkatkan
pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan. Automotive
Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng
teknologi Open Service Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk
platform sofware yang dibangun untuk informasi mobile dan sistem entertainment.
Dalam kombinasi’a, AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform
software yang umum dan pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif
berbasis wireless. Untuk pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan
pilihan software aplikasi yang luas. MMI mengoperasikan sejumlah besar
dalam komponen hiburan mobil, elektronik mobil, dan fungsi lainnya. Daftar di
bawah ini menunjukkan ruang lingkup dari sistem dikendalikan oleh MMI. Namun,
tergantung pada model mobil yang sebenarnya, bersama dengan versi yang telah
ditentukan (MMI dasar, MMI Tinggi, dll), hanya beberapa, dan tidak semua fungsi
akan diterapkan atau tersedia.
(2014)
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman
Judul …………..…………………………………………………………………..
i
Abstraksi
……………………..……………………………………………..…………….… ii
Daftar
Isi………………………………..………………………………………………..…..
iii
BAB
I PENDAHULUAN…….……………………………………………………………... 4
1.1 Latar Belakang………………………….……………………………………………… 4
1.2 Tujuan penulisan……………………………………………………………………….. 4
1.3 Metode penulisan …………………………………………………………………....... 5
BAB
II TINJAUAN PUSTAKA………………………….………………………………….
6
2.1 Definisi
Antar Muka dan Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia……………… 6
2.2 Sejarah
Kolaborasi Antarmuka Otomotif
Multimedia ………………………………… 6
2.3 Struktural Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedi
……………………………….. 7
BAB
III PEMBAHASAN……………………………………....……………………………
8
3.1 Sejarah Mobil……………………………………………………….………………....... 8
3.2 Tujuan
Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia Pada Mobil……………………. 8
3.3 Komponen Arsitektur AMIC Pada Mobil …………………………………………….. 9
3.4 Konsep
Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia Pada Mobil………..………..… 10
3.5 Fungsi Kontrol MMI Pada Mobil………………………………………………............ 11
BAB IV PENUTUP ……………………….…………………………………………………. 12
4.1
kesimpulan………….……………………………...………………………………....….. 12 BAB
V DAFTAR PUSTAKA…………………………...…...………………………………
13
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Perkembangan dunia otomotif di
beberapa ystem khususnya Indonesia saat ini melaju dengan sangat cepat.
Tingginya permintaan atas kendaraan roda empat ini merangsang minat para
investor baik yste maupun investor luar negeri berlomba lomba untuk menjalankan
bisnis ini dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebesar besarnya.
Kendaraan akan
mengalamin peningkatan perlengkapan dengan ditambahkannya ystem digital yang
mendukung beberapa aplikasi seperti untuk mengakses informasi, komunikasi,
kemanan dan internet. Ketertarikan terhadap aplikasi multimedia pada kendaraan
meningkat, misalnya pada periode 2003-2005. Seperti: pengenalan aplikasi
real-time, kamera kecepatan tinggi, seiring dengan semakin meningkatnya
komersialisasi lalu lintas multimedia dan pelayanan pariwisata dan travel. Oleh
sebab itu, kebutuhan akan multimedia bus yang diletakkan
pada kendaraan akan meningkat.
pada kendaraan akan meningkat.
Automotive
Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng
teknologi Open Service Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk
platform ysteme yang dibangun untuk informasi mobile dan ystem entertainment.
Dalam kombinasi’a, AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform
software yang umum dan pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif
berbasis wireless. Untuk pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan
pilihan software aplikasi yang luas.
1.2 Tujuan penulisan
Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk lebih memahami
peran kolaborasi antarmuka otomotif multimedia pada mobil, serta Meningkatkan
pilihan dan mengurangi keusangan ystem
elektronik kendaraan.
1.3 Metode penulisan
Metode yang digunakan dalam
pembuatan jurnal ini adalah dengan literature. Yaitu mencari informasi yang
berhubungan dengan kolaborasi antarmuka otomotif multimedia dalam perkembangan
mobil dari beberapa sumber, baik itu melalui browsing maupun sumber-sumber
literature tertulis (buku).
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Definisi Antar Muka dan Kolaborasi Antar Muka Otomotif
Multimedia
·
Antar muka (interface)
adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana
interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen
sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis
antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI).
·
Kolaborasi antar muka
otomotif multimedia adalah dalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menciptakan
standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat
elektronik dapat bekerja. Contoh Komputer dan alat komunikasi kendaraan atau
computer dan radio dalam mobil. Setiap perangkat elektronik yang dipasang belum
tentu cocok dengan setiap kendaraan. Perangkat elektronik atau multimedia bisa
saja mengganggu sistem keselamatan dan system-sistem lain di dalam kendaraan.
Itulah kenapa perlu dibentuk standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.
2.2 Sejarah
The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC)
didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian
spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan
bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di
dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General
Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan
demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set umum
industri mobil.
Untuk berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal di
belakang rumah dan perangkat komputasi mobile ketika datang ke alat
produktivitas dan multimedia.
Keamanan, kehandalan, biaya, dan desain waktu memiliki semua
faktor dalam produsen mobil ‘menunda penerimaan teknologi baru. Makalah
membahas otomotif standar untuk antarmuka multimedia. Organisasi seperti
Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C) memiliki kesempatan untuk
menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya standardisasi.
Depan yang berbeda, The Otomotif Multimedia Interface
Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia cipta penugasan dari 1394
spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394 AMI-C berikut dokumen
sekarang milik 1394TA:
•AMI-C 3023 Power Management Specification
•AMI-C 3013 Power Management Architecture
•AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power Management
•AMI-C 3034 Power Management Test Documents
•AMI-C 4001 Revision Physical Speci .cation.
2.3
Struktural Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia
Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga update internasional briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan teknologi tinggi industri elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt, Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.
“AMIC telah membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan kita bersama-sama. “
Acton menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi:
Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga update internasional briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan teknologi tinggi industri elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt, Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.
“AMIC telah membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan kita bersama-sama. “
Acton menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi:
BMW,
DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA /
Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan
kelompok AMIC berencana untuk mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa
depan
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Sejarah Mobil
Mobil
(kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani 'autos' (sendiri) dan
Latin 'movére' (bergerak)) adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang
membawa mesin sendiri. Jenis mobil termasuk bus, van, truk. Pengoperasian mobil
disebut menyetir. Kendaraan
pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama kali didesain oleh Ferdinand
Verbiest, sekitar tahun 1672. Ia mendesain mainan kendaraaan berukuran 65 cm
untuk kerajaan Cina, yang tidak bisa membawa penumpang. Tidak diketahui apakah
model kendaraan yang dibuat Verbiest pernah diproduksi atau tidak.
Tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan
Rusia, membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia. Ia juga
melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer. Kendaraan yang ia buat mirip
dengan sebuah kereta salju. Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad
18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga
itu pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin
peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris
oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali
dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga
mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber
tenaga di Amerika Serikat.
3.2 Tujuan Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia Pada
Mobil
·
Menyediakan interface standar
untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer
dan perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular,
melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan
sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk
kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu
kunci dan diagnostik input / output.
·
Meningkatkan pilihan
dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
·
Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan
dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan
memperpendek waktu pengembangan - industri otomotif efektif terdiri dari banyak
pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai
adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
·
Menawarkan standar
terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara
kendaraan dan dunia luar.
3.3 Komponen Arsitektur
AMIC Pada Mobil
Komponen
Arsitektur AMIC memiliki empat komponen :
-
In-Vehicle
Jaringan
-
Jaringan perangkat
- Kendaraan
Antarmuka - Host
(platform komputasi)
Arsitektur AMI-C
3.4 Konsep Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia Pada
Mobil
MMI terdiri dari satu perangkat hiburan yang dapat
mengontrol semua fungsi hiburan di dalam mobil, hal ini dapat mengurangi
banyaknya tombol-tombol di dashboard. Sistem ini terdiri dari terminal MMI dan layarnya.
Perangkat utama dari MMI adalah unit kontrol yang ada di
tengah. Kontrol ini dapat berputar untuk menunjukkan menu atas dan bawah, dan
ditekan untuk mengaktifkan tombolnya. Selain itu, ada 4 atau 8 tombol
(tergantung tipe apa yang dipasang di mobil itu) di sekelilingnya yang juga
dapat digunakan untuk memanggil menu. Layar MMI dapat berupa layar 5 inci
monokrom hitam dan merah atau 7 inci 16:9 full colour. MMI menggunakan
teknologi Media Oriented Systems Transport (MOST) untuk menghubungkan semua sistem-sistem
ini. Harman Becker memproduksi sistem ini, menggunakan software QNX Neutrino,
Real Time Operating System (RTOS).
3.5 Fungsi
Kontrol MMI Pada Mobil
MMI
mengoperasikan sejumlah besar dalam komponen hiburan mobil, elektronik mobil,
dan fungsi lainnya. Daftar di bawah ini menunjukkan ruang lingkup dari sistem
dikendalikan oleh MMI. Namun, tergantung pada model mobil yang sebenarnya,
bersama dengan versi yang telah ditentukan (MMI dasar, MMI Tinggi, dll), hanya
beberapa, dan tidak semua fungsi akan diterapkan atau tersedia.
Fungsi tombol-tombol MMI :
-
Navigasi
satelit, termasuk manajemen lalu lintas (TMC)
-
Radio
tuner
-
CD Changer
-
TV Tuner
-
Telepon
& Direktori
-
pemanas, ventilasi,
AC / Kontrol Iklim, dan kursi pemanas
-
Mobil
Setup (misalnya kunci sentral dan fungsi kenyamanan (pulang / meninggalkan
rumah,
listrik
sunroof dan jendela) pilihan, pengaturan audio global, pengaturan suspensi dll)
-
Informasi
pengemudi (statistik ekonomi misalnya bahan bakar (sering diliputi oleh
"komputer perjalanan" fungsi), tingkat baterai, ban-tekanan
pemantauan, dll)
-
User
Manual (full on-board mobil petunjuk pengguna, ditampilkan pada layar)
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dalam jurnal ini
dapat disimpulkan bahwa Automotive Multimedia Interface Colaboration (AMI-C)
dapat membuat setiap pengemudi merasa nyaman dalam berkendara pada situasi
bagaimana pun . Salah satunya perangkat utama dari MMI yaitu unit kontrol yang ada di
tengah. Kontrol ini dapat berputar untuk menunjukkan menu atas dan bawah, dan
ditekan untuk mengaktifkan tombolnya.
Selain itu MMI juga mengoperasikan sejumlah
besar dalam komponen hiburan mobil, elektronik mobil, dan fungsi lainnya.
Daftar di bawah ini menunjukkan ruang lingkup dari sistem dikendalikan oleh
MMI. Namun, tergantung pada model mobil yang sebenarnya, bersama dengan versi
yang telah ditentukan (MMI dasar, MMI Tinggi, dll), hanya beberapa, dan tidak
semua fungsi akan diterapkan atau tersedia.adapun
yang harus diperhatikan yaitu, urutan menu yang perlu diakses dalam
rangka untuk mengubah pengaturan tertentu agar lebih mudah menjalankannya pada
saat kita mengemudi.
DAFTAR
PUSTAKA
[2] URL: http://jelajahiptek.blogspot.com/2012/06/pengertian-mobil-dan-asal-mulanya.html , 04/01/2014
[7]
URL: http://keyropisabatian.blogspot.com/2013/12/kolaborasi-antar-muka-otomotif.html
, 08/01/2014
0 komentar:
Posting Komentar