RSS

Japan’s Eco TV – Flat Screen Hemat Energi



Japan's Eco TV Flat Screen
Japan's Eco TV Flat Screen
Saat ini perekonomian di dunia agak sulit, hal ini ternyata mampu memacu para pebisnis untuk berkreasi agar bisa menghemat dan tetap mampu berproduksi dan menarik pasar lebih luas. Salah satunya mungkin dapat dilihat di Jepang, dengan diproduksinya Eco-TV.
Persaingan antara Sharp, Panasonic dan Sony memang bukan hal yang mudah, untuk bisa menarik minat lebih dari pelanggan dan mampu menguasai pasar, mereka harus sama-sama mengembangkan teknologinya dengan membuat TV layar datar yang mampu disentuh dengan tangan secara langsung. Dalam arti, LCD dan Plasma TV yang berenergi lebih rendah dari biasanya, yang dapat menghemat penggunaan daya listrik.
Walaupun alasan utama dari pembelian TV layar datar memang biasanya didasari oleh keindahan TV yang dilihat secara visual, namun menurut Michiyuki Sugino, deputi general manager dari sistem audiovisual Sharp, mengatakan bahwa seharusnya, untuk bisa memilih TV layar datar yang bagus, calon pembeli harus menggunakan tangan secara langsung untuk bisa menyentuh TVnya. Pada umumnya, jika kita menyentuh TV secara langsung, kita dapat merasakan panas yang dihasilkan oleh komponen elektronik di dalam TV yang berlebihan. Hal ini tentu saja nantinya akan mengakibatkan pengguna TV tersebut akan membayar listrik lebih mahal. Untuk itu, Sharp akhirnya meluncurkan 32” D Series Aquos TV yang jauh berbeda dengan TV layar datar biasa. Hal yang mengejutkan bila calon pembeli menyentuh bagian depan maupun belakang dari TV, mereka tidak akan merasakan panas sama sekali. Sangat berbeda bukan?!
Inilah keunggulan dari jenis Eco-TV yang mampu menghemat energi dan ramah lingkungan yang saat ini sedang marak di Jepang. Tidak mau kalah dari Sharp, Sony juga memproduksi Eco-TV dengan tipe Bravia VE5 Series yang mampu menghemat energi 40 % dibanding dari LCD TV biasa. Fitur tambahan di dalamnya adalah sensor yang mampu mendeteksi gerakan, jika tidak ada gerakan di depannya sama sekali, maka TV akan mati secara otomatis.
Panasonic seperti tak mau lepas dari tren, maka akhirnya meluncurkan tipe 42” Viera V series bulan ini. Tipe ini lebih menghemat energi dibanding generasi sebelumnya. Dengan ditingkatkan teknologi di bidang Eco-TV, diharapkan tidak akan meningkatkan dari segi harga.

sumber : beritateknologi.com

0 komentar:

Posting Komentar